Penulis / NIM
TRIA SUSANTI MAUKE / 411411019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan multiple intelegensi (kecerdasan jamak) pada anak tunarungu dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMPLB Kabupaten Gorontalo. Untuk melihat Kecenderungan multiple intelegensi (kecerdasan jamak) siswa, digunakan delapan indikator sebagai instrument penelitiannya, yaitu : (1) Kecerdasan verbal-linguistik, (2) Kecerdasan logical-matematic, (3) Kecerdasan visual-spasial, (4) Kecerdasan Musikal, (5) Kecerdasan kinestetik, (6) Kecerdasan interpersonal, (7) Kecerdasan intrapersonal, dan (8) Kecerdasan naturalisik. Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata siswa tunarungu lebih cenderung memiliki kecerdasan Logical matematik, dengan presentase 88% dikategorikan sudah sangat baik. Rata-rata untuk kecerdasan Visual-spasial siswa tunarungu mencapai 80% dikategorikan sangat baik. Rata-rata untuk kecerdasan verbal linguistik, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan interpersonal siswa tunarungu masing-masing mencapai 60%,60% dan 65% dengan kategori baik. Sementara rata-rata untuk kecerdasan intrapersonal,kecerdasan berirama-musik dan kecerdasan naturalistik siswa tunarungu masing-masing memperoleh presentase masing-masing 35%, 13,34% dan 0% dengan kategori sangat kurang.
Hal ini menunjukkan bahwa multiple intelegensi anak tunarungu dalam pembelajaran matematika sangat bervariasi.
Kata kunci : Multiple Intelegensi, Siswa Tunarungu.
Download berkas