Penulis / NIM
SRINURNANINGSI DUNGGIO / 411411022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
Srinurnaningsi Dunggio, 2015. "Deskripsi Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Non Verbal Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna". Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Abas Kaluku, M.Si; (2) Drs. Yus Iriyanto Abas, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana persepsi siswa tentang komunikasi non verbal guru di M.A Alkhairaat Bintauna kelas X dan XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuisionermelalui pemberian angket. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik analisis deskriptif dalam bentuk persentase berdasarakan aspek dan indikator..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi siswa persentase komunikasi non verbal yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna secara keseluruhan adalah sebesar 79.90% masuk dalam kategori selalu digunakan. Kemudian untuk indikator yang paling menonjol yaitu penampilan dengan persentase sebesar 93,70% dan indikator yang paling rendah yaitu sentuhan kasih sayang yang hanya sebesar 46,11%. Begitupun dari segi aspek yang paling menonjol yaitu Artifaktual sebesar 93,70% dan aspek yang paling rendah yaitu sentuhan yang hanya sebesar 67,87%.
Kata Kunci: Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Non Verbal Guru
Download berkas