SKRIPSI

Penulis / NIM
VANELLA EKAPUTRI TUIYO / 411411023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi aritmatika pada pecahan yang diukur melalau indikator kesalahan matematika siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan tanda/notasi, dan kesalahan operasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mananggu. Sebagai sumber data adalah siswa kelas VII-4. Dari sumber data tersebut dipilih 6 siswa sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa persentase kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mananggu pada meteri pecahan menurut indikator kesalahan matematika, yaitu: (1) Indikator kesalahan konsep sebesar 54,29%, (2) Indikator kesalahan tanda/notasi sebesar 40,48%, (3) Indikator kesalahan sebesar 41,43%. Dengan demiikian dapat diketahui secara jelas bahwa masih banyak siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mananggu melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi aritmatika pada pecahan terutama kesalahan konsep. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa pada konsep operasi aritmatika pada pecahan. Kata kunci: kesalahan matematika siswa, operasi aritmatika, pecahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011