Penulis / NIM
SRI NOVITA PADUNGO / 411411024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
SRI NOVITA PADUNGO. NIM: 411411024. Membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran penemuan terbimbing dengan Model pembelajaran langsung. ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Pinogaluman. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs Abas Kaluku M.Si dan Pembimbing II Nurwan S.Pd, M.Si 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan model pembelajaran langsung dalam hal ini dengan menggunakan instrument test.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pinogaluman. 2014-2015. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik kluster random sampling atau pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Pada kluster yang ada sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan desain tipe Posttest Only Control Group Design. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi perbandingan.
Data yang diperoleh dari penelitin ini hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung pada materi perbandingan". Dengan demikian penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung untuk belajar mengajar didalam kelas.
Kata kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas