Penulis / NIM
WANDI DUGIAN / 411411025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Wandi Dugian, 411411025. Gaya Belajar Siswa Dan Prestasi Akademik (Suatu Penelitian Di Kelas IX SMP Negeri 1 Limboto). SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2015. Pembimbing I Drs. Sumarno Ismail, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yamin Ismail, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu kenyataan yang ditemukan bahwa adanya perbedaan mencolok dalam capaian nilai matematika siswa kelas IX SMPN 1 Limboto. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, diantaranya perbedaan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran gaya belajar siswa berprestasi akademik pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang objek penelitiannya yaitu siswa berprestasi akademik pada mata pelajaran matematika kelas IX di SMP Negeri 1 Limboto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi akademik pada mata pelajaran matematika sangat bervariasi yaitu kombinasi dari ketiga aspek gaya belajar yaitu visual, auditori dan kinestetik. Akan tetapi gaya belajar visual yang lebih dominan dari pada auditori dan kinestetik. Sebesar 46% memiliki gaya belajar visual, 32% memiliki gaya belajar auditori, dan 22% memiliki gaya belajar kinestetik.
Kata kunci : gaya belajar, gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik
Download berkas