Penulis / NIM
DESRIANTI HERMAN / 411411027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Desrianti Herman, 2015. Deskripsi Efektivitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Sistem Koordinat (Suatu Penelitian di Kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Telaga). Skripsi. Gorontalo.Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, Pembimbing II NursiyaBito, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem koordinat di kelas VIII-3 SMP Negeri 1Telaga, tahun ajaran 2014/2015 yang ditinjau dari 4 indikator, yaitu: (a) kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan CTL, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL, ketuntasan belajar siswa, dan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem koordinat di kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Telaga adalah efektif. Setiap aspek kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan pendekatan CTL yang diamati memenuhi kriteria efektivitas dengan kategori baik atau sangat baik. Aktivitas siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Telaga selama mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan CTL memenuhi kriteria efektivitas dengan persentase aktivitas siswa yang relevan dengan KBM mencapai 84% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan CTL tuntas secara klasikal, sebanyak 21(84%) siswa mencapai nilai 2,75 atau lebih. Respons siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Telaga terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL pada materi sistem koordinat memenuhi kriteria efektivitas dengan 84% respons siswa mencapai kategori positif atau sangat positif.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning.
Download berkas