Penulis / NIM
HERYANTO MAHMUD / 411411031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Heryanto Mahmud, NIM. 411411031. Meningkatkan Pemahaman Metematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Belah Ketupat Dan Layang-Layang (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII-A di SMP Negeri 16 Gorontalo). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati, M.Pd. (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman metematika siswa melalui model penemuan terbimbing pada materi belah ketupat dan layang-layang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu :perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Instrumen berupa soal tes dan lembar observasi.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat kali pertemuan dengan menerapkan model penemuan terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Pada siklus I diperoleh persentase pemahaman siswa dalam penerjemahan sebesar 58% kategori rendah, pemahaman siswa dalam penafsiran sebesar 89% kategori tinggi, dan pemahaman siswa dalam ekstrapolasi sebesar 90% sangat tinggi. Jadi, pemahaman matematika siswa kelas VII-A adalah 79% dengan kualifikasi sedang. Kemudian Pada siklus II diperoleh persentase pemahaman siswa dalam penerjemahan sebesar 79% kategori sedang, pemahaman siswa dalam penafsiran sebesar 90% kategori sangat tinggi, dan pemahaman siswa dalam ekstrapolasi sebesar 94% kategori sangat tinggi. Sehingga, pemahaman matematika siswa kelas VII-A meningkat menjadi 87,60% dengan kualifikasi tinggi.
Kata Kunci : Pemahaman Matematika Siswa, Model Penemuan Terbimbing
ABSTRACT
Mahmud, Heryanto. Student ID 411411031. Improving Students Methematical Understanding through the Discovery Learning Model in the Topic of Rhombus and Kite Materials (A Classroom Action Research Conducted at Grade VII-A of Junior High School SMP Negeri 16 Gorontalo). UNDERGRADUATE THESIS. Departement of Mathematics Education, Faculty of mathematics and natural Sciences faculty, Universitas Negeri Gorontalo. Pricipal Supervisor : Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati, M.Pd, Co-supervisor: Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd.
This classroom action research is aimed at improving students mathematical understanding through the discovery model in the topic of rhombus and kite. This type of consisted of plan, implementation, observation, and reflection stages. The research subjects involved all student of grade VII-;. Minewhile, the objects comprised the whole process and results of mathematics learning by applaying the discovery model to enhance students' mathematical understanding skills. Test and observation sheets were used as the data collection instruments.
This research was conducted in two cycles with four meetings by applying the discovery model. The results indicate that the application of discovery model is able to improve students' mathematical understanding. In cycle I, students' mathematical understanding in translation arrives at the percentage of 58% with a low category, mathematical understanding in interpretation reaches the percentage of 89% with a high category, and mathematical understanding in extrapolation gets the percentage of 90% with a very high category. Accordingly, grade VII-A students mathematical understanding is 79% with the moderate qualification. In cycle I, students mathematical understanding in translation arrives at the percentage of 79% with a low category; mathematical understanding in interpretation reaches the percentage of 90%, with a high category; mathematical understanding in extrapolation gets the percentage of 94%, with a very high category. Therefore, grade VII-A studentsâ mathematical understanding is 87.60% with the high qualifications.
Keywords: Students' Mathematical Understanding, Discovery Model
Download berkas