Penulis / NIM
FITAMALA DEWI PUSPITA ASRI / 411411033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pendekatan saintifik pada materi trnsformasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 1 Batudaa. Untuk melihat aktivitas belajar siswa, digunakan enam indikator sebagai instrument penelitiannya, yaitu : (1) Kegiatan-kegiatan visual, (2) Kegiatan-kegiatan lisan, (3) Kegiatan-kegiatan mendengarkan, (4) Kegiatan-kegiatan menulis, (5) Kegiatan-kegiatan mental, dan (6) Kegiatan-kegiatan emosional. Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pendekatan saintifik untuk pertemuan pertama adalah 72,15% dikategorikan sudah baik. Untuk rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pendekatan saintifik pada materi transformasi pertemuan kedua adalah 73,93% dikategorikan sudah baik. Untuk rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pendekatan saintifik pada materi transformasi pertemuan ketiga adalah 75,25% dikategorikan sudah baik. Sedangkan untuk rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pendekatan saintifik pada materi transformasi pertemuan keempat adalah 76,05% dikategorikan sudah baik.
Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pendekatan saintifik pada materi transformasi di SMP Negeri 1 Batudaa dikategorikan sudah baik.
Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pendekatan Saintifik Pada
Materi Transformasi.
Download berkas