Penulis / NIM
REGINA SIMBAYAN / 411411034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Regina Simbayan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung pada materi segitiga dikelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung pada materi segitiga dikelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 40 siswa yang tersebar di dua kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa yang dipilih dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah berbentuk essay.
Hipotesis dalam penelitian ini Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Hasil Belajar Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Segitiga dikelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data melalui uji t tes diperoleh nilai thitung lebih tinggi dari nilai ttabel (thitung < ttabel = 5,2151 > 1,686).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Matematika.
ABSTRACT
Regina Simbayan. 2017. The Influence of Problem Based Learning Model towards Students' Learning Achievement on Triangle Topic at Grade VII in SMP Negeri 2 Limboto, Gorontalo District. Skripsi, Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo.
Problem statement of this research is whether or not there is difference of learning achievement on Triangle topic at grade VII in SMP Negeri 2 Limboto, Gorontalo District between students who are treated by problem based learning model and those who are treated by direct learning model. This research aims at investigating difference of learning achievement on Triangle topic at grade VII in SMP Negeri 2 Limboto, Gorontalo District between students who are treated by problem based learning model and those who are treated by direct learning model. Research subjects are 40 students in SMP Negeri 2 Limboto of Gorontalo District which are spread to two classes. Samples are 40 students determined by sample random sampling technique of data collection is essay test.
research hypothesis states that there is difference of learning achievement on Triangle topic at grade VII in SMP Negeri 2 Limboto, Gorontalo District between students who are treated by problem based learning model and those who are treated by direct learning model. From data analysis, it reveals that averange of learning achievement of students who are treated by problem based learning is higher than those who are treated by direct learning model. It is showed by test result which obtains tcount that is higher than ttable (tcount < ttable = 5,2151 > 1,686).
Keywords: Problem based Learning Model, Learning Achievement of Mathematics
Download berkas