SKRIPSI

Penulis / NIM
RIYANTI MAHANIKA PARMAN / 411411036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK Riyanti M. Parman 2015. "Deskripsi Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa".Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd, (2)Nurwan, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas VIII2 SMPNegeri 1 Batudaa pada tahun akademik 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Soal yang diberikan sebanyak 7 (tujuh) soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Setelah dianalisis kemudian dilakukan wawancaradengan mengacu pada pedoman wawancara dan hasil pekerjaan subjek. Wawancara dilakukan untuk menjaring informasi lebih mendalam tentang proses berpikir siswa, dengan mengambil 6 (enam) orang sebagai subjek penelitianyang dapat dikelompokkan menjadi 2 orang kelompok tinggi, 2 orang kelompok sedang, dan 2 orang kelompok rendah berdasarkan skor yang diperoleh. Untuk melihat proses berpikir, digunakan indikator dari proses berpikir konseptual sebagai instrumen penelitian yaitu : (1) Kemampuan menuliskan yang diketahui dalam soal, (2) Kemampuanmenuliskan yang ditanyakan dalam soal, (3) Kemampuan menggunakan konsep yang sudah dipelajari dalam menyelesaikan soal, (4) Kemampuan menggunakan langkah-langkah sesuai konsep yang sudah dipelajari dalam menyelesaikan soal, (5) Kemampuan menyimpulkan jawaban yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal khususnya materi faktorisasi suku aljabar masih tergolong sedang, karena dari kelima indikator siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator proses berpikir. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami sebagian soal yang diberikan, kurangnya penguasaan konsep dan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal serta kurangnya ketelitian siswa dalam menganalisis soal yang diberikan. Hal ini juga terjadi karena siswa sering kali mengerjakan soal dengan terburu-buru. Kata kunci : Proses Berpikir, Materi Faktorisasi Suku Aljabar. ABSTRACT Riyanti M. Parman 2015."Description Thought Process Students In Resolving Those On The Matter Faktorisasi Algebra In The Class VIII Junior High Schools 1 Batudaa".Skripsi. Gorontalo. Of Math Education. The Faculty Math And Science Nature. State University Gorontalo. Tutors :(1) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd, (2) Nurwan, M.Si. This study attempts to accused of thought process students in resolving those on the matter faktorisasi algebra in the class VIII2 Junior High Schools 1 Batudaa in academic year 2014 / 2015. The kind of research this is research descriptive. About given as many as 7 ( seven ) about to the level of difficulty different. After analyzed then interviews were conducted with reference to guidelines and hard work subject. Interview done to net more information deeply about thought process students, by taking 6 ( six ) person as the subject of study that could be categorized to 2 the group high, 2 people the middle class, and 2 people group low based on the score obtained. To look at the process think, used an indicator of conceptual thought process as research instruments viz: (1) The ability of wrote known in the matter, (2) The ability of wrote asked in the matter, (3) The ability to use the concept that been examined in resolving about, (4) The ability of the use of measures in accordance concept been examined in resolving about , (5) The ability of concluded answer obtained. The research results show that thought process students in resolving about especially matter faktorisasi the algebra are being , because of five indicators students only been able to meet some indicators thought process. This is because students fully understand some about given, lack of command of new concept and the formula that used in finishing about, and lack of precision students in analyze about given. This occurred because students often doing the in a hurry. Key Words : The Thought Process, Material Faktorisasi The Tribe Of Algebra.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011