Penulis / NIM
FIRADILA MAKALUNSENGE / 411411038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran picture and picture pada materi bangun ruang.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas rangkap VII, VIII, IX SMPLB Kabupaten Gorontalo. Untuk melihat aktivitas belajar siswa, digunakan lima indikator sebagai instrument penelitiannya, yaitu : (1) Kegiatan-kegiatan visual, (2) Kegiatan-kegiatan lisan, (3) Kegiatan-kegiatan menulis, (4) Kegiatan-kegiatan mental, dan (5) Kegiatan-kegiatan emosional.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran picture and picture untuk pertemuan pertama adalah 95.8% dikategorikan sudah baik. Untuk rata-rata aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran picture and picture pada materi bangun ruang pertemuan kedua adalah 79.2% dikategorikan sudah baik. Sedangkan untuk rata-rata aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran picture and picture pada materi bangun ruang pertemuan ketiga adalah 80.4% dikategorikan sudah baik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran picture and picture pada materi bangun ruang di SMPLB Kabupaten Gorontalo dikategorikan sudah baik.
Kata kunci: Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Picture and Picture Pada Materi Bangun Ruang
Download berkas