Penulis / NIM
CINDRA PURNAMI BIKI / 411411039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Cindra Purnami Biki. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segitiga (Suatu Penelitian di SMP Negeri 1 Telaga). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarson W. Dj Pomalato, M.Pd dan pembimbing II: Dewi Rahmawaty Isa, S.Si. M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga pada semester genap tahun ajaran 2015/2016, dengan rancangan posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 128. Sampel yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual adalah kelas VII5 dan sampel yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung adalah kelas VII6. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk eseay. Instrument ini telah memnuhi syarat validitas butir dan realibilitas insttrumen. Analisis data untuk menguji hipoteis penelitian dilakukan menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini mennujukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menngunakan pembeljaran kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual unggul dalam mengajarkan materi segitiga
Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Download berkas