Penulis / NIM
LIA MARCELINA YUSUF / 411411042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang penguasaan konsep pada materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 7 Gorontalo tahun akademik 2014/2015. Untuk menjaring informasi yang lebih mendalam tentang penguasaan konsep siswa dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang dapat dikelompokkan menjadi 2 orang kelompok tinggi, 2 orang kelompok sedang, dan 2 orang kelompok rendah berdasarkan skor yang diperoleh. Dengan mengacu pada pedoman wawancara dan hasil pekerjaan subjek, keenam subjek tersebut diinterview untuk menjaring informasi yang mendalam tentang penguasaan konsep siswa pada materi sistem koordinat. Untuk melihat penguasaan konsep siswa pada materi tersebut, digunakan empat indikator sebagai instrumen penelitian yaitu: (1) Mengidentifikasi contoh dan bukan contoh konsep, (2) Dapat menggunakan hubungan antar konsep, (3) Mengidentifikasi konsep dalam berbagai situasi, (4) Dapat menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa belum mampu menyelesaikan soal dengan baik dan benar karena siswa masih keliru dalam menyelesaikan soal. Hal ini disebabkan kurangnya ketelitian siswa dalam membaca soal serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi.
Kata kunci : Penguasaan Konsep, Sistem Koordinat.
Download berkas