SKRIPSI

Penulis / NIM
REDZA RIZKI TABARAK / 411411043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
REDZA RIZKI TABARAK, NIM : 411 411 043, "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Inquiry Pada Barisan Dan Deret Aritmatika (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas XI TKJA di SMK Cokroaminoto Kotamobagu)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Abdul Djabar Mohidin (2) Nursia Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI TKJA di SMK Cokroaminoto Kotamobagu pada materi Barisan dan Deret Aritmatika. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJA dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 6 kali pertemuan dengan menggunakan Metode Inquiry. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada akhir pembelajaran siklus I, kriteria penilaian pada hasil pengamatan kegiatan guru diperoleh kriteria penilaian pada aspek pendahuluan mencapai kriteria sangat baik 20 % dan baik 80,00 %, aspek kegiatan inti mencapai kriteria baik 90,90 % dan cukup baik 9,10 %, aspek penutup mencapai kriteria sangat baik 33,33 % dan baik 66,67 %. Hasil pengamatan kegiatan siswa diperoleh criteria penilaian pada aspek pendahuluan mencapai kriteria sangat baik 25 % dan baik 75 %, aspek kegiatan inti mencapai kriteria baik 80 % dan cukup baik 20 %, aspek penutup mencapai kriteria baik 50 % dan cukup baik 50 %. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 66,67 % atau 22 siswa mencapai kriteria ketuntatasan minimal atau memperoleh nilai â 70,00 dan 33,33 % atau 11 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai < 70,00. Dengan demkian disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus I belum mencapai indicator keberhasilan.Hasil pengamatan kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus II, kriteria penilaian pada hasil pengamatan kegiatan guru diperoleh kriteria penilaian pada aspek pendahuluan mencapai kriteria sangat baik 100 %, aspek kegiatan inti mencapai kriteria sangat baik 72,73 % dan baik 27,27 %, aspek penutup mencapai kriteria sangat baik 66,67% dan baik 33,33 %.. Hasil pengamatan kegiatan siswa diperoleh criteria penilaian pada aspek pendahuluan mencapai kriteria sangat baik 75 % dan baik 25 %, aspek kegiatan inti mencapai kriteria sangat baik 60 % dan baik 40 %, aspek penutup mencapai kriteria sangat baik 50 % dan baik 50 %. Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh 93,94 % atau 31 siswa mencapai kriteria ketuntatasan minimal atau memperoleh nilai â 70,00 dan 6,06 % atau 2 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai < 70,00. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II sudah mencapai indicator keberhasilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa " Metode Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI TKJA di SMK Cokroaminoto Kotamobagu pada materi barisan dan deret aritmatika". Kata kunci : Metode Inquiry, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011