Penulis / NIM
RAHMA PRATIWI IBRAHIM / 411411044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Telaga melalui model pembelajaran Discovery Learning pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Instrmen berupa soal tes dan lembar observasi.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan tahapan-tahapan meliputi : stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, generalization, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus I diperoleh persentase kemampuan mengeinterpretasi adalah 79,63% dengan kualifikasi tinggi, persentase kemampuan menganalisis adalah 76,41% dengan kualifikasi sedang, persentase kemampuan menginferensi adalah 55,99% dengan kualifikasi rendah, dan persentase kemampuan mengevaluasi adalah 76,38% dengan kualifikasi sedang. Jadi, kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 2 adalah 72,10% dengan kualifikasi sedang. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase kemampuan mengeinterpretasi adalah 94,83% dengan kualifikasi sangat tinggi, persentase kemampuan menganalisis adalah 85,34% dengan kualifikasi tinggi, persentase kemampuan menginferensi adalah 68,39% dengan kualifikasi sedang, dan persentase kemampuan mengevaluasi adalah 84,19% dengan kualifikasi tinggi. Sehingga, kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 2 meningkat menjadi 83,19% dengan kualifikasi tinggi.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, model pembelajaran Discovery Learning
Download berkas