Penulis / NIM
SELPI I. HUSAIN / 411411047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
ABSTRAK
SELPI HUSAIN, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga ( Suatu Penelitian Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd (2) Hasan S. Panigoro, S.Pd, M.Si.
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2014/2015 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction.
Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi kubus dan balok. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen.
Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi kubus dan balok, yang berarti hipotesis yang diajukan diterima.
Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Teams Game Tournament, Kubus dan Balok
ABSTRACT
SELPI HUSAIN, 2015. Influence of Cooperative Learning Model Teams Game Tournament Type on Mathematics Learning Outcomes Student at Cube And Beams Material In Class VIII SMP Negeri 1 Telaga (A research in class VIII SMP Negeri 1 Telaga Gorontalo district). Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics Education . Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Gorontalo State University.
Tutors: (1) Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd (2) Hasan S. Panigoro, S.Pd, M.Si.
This research aims to know difference of learning outcomes of students who follow the learning by using Teams Game Tournament learning model and students who follow the learning by using the Direct Instruction learning model. This experimental research conducted in SMP Negeri 1 Telaga Gorontalo district in the second semester for the 2014/2015 school year with design post test only control group design. Population in this research is all class VIII SMP Negeri 1 Telaga Gorontalo district. Sampling was done by using Cluster Random Sampling technique. From the selected sample, one class into a class experiment, that the given class learning by using Teams Games Tournament learning model and one class as the control class, which is the given class learning by using the Direct Instruction learning model.
The hypothesis of this research is the learning outcomes of students who take the learning by using learning model Teams Games Tournament is higher than the learning outcomes of students who take the learning by using the Direct Instruction learning model on material cubes and blocks. The measurement results done by using the mathematics learning achievement test in the form of an essay test. These instruments are qualified validity and reliability of the instrument.
Before testing the hypothesis, in advance data normality and homogeneity of variance. The test results showed that the normal distribution of data and samples derived from a homogeneous population. Analysis of the data to test the hypothesis in this research used the t test with significance level of 0.05 and dk (n1 + n2 - 2). From the test results showed that tcount > ttable. It can be concluded that the learning outcomes of students who follow the learning by using learning model Teams Games Tournament is higher than the learning outcomes of students who follow the learning by using the Direct Instruction learning model on material cubes and blocks, which means the hypothesis is accepted.
Keywords: Result of Mathematics Learning, Learning Model Teams Games Tournament, Cube and Beams
Download berkas