Penulis / NIM
SHENDY SEPTIANI IGIRISA / 411411050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK
Shendy S. Igirisa. Nim 411411050. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Bagi Siswa Tunarungu Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture and picture (Suatu Penelitian yang dilaksanakan di SMPLB Kabupaten Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2015.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunarungu pada materi bangun ruang kubus dan balok dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative picture and picture.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa tunarungu kelas rangkap di SMPLB Kabupaten Gorontalo tahun ajaran 2014/2015. Siswa yang diberikan tindakan kelas berjumlah 5 orang, dimana laki-laki 1 orang dan perempuan 4 orang yang rata-rata memiliki kemampuan yang bervariasi, mulai dari siswa yang berkemampuan rendah, sedang, hingga yang berkemampuan tinggi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 85,11%, observasi aktivitas siswa mencapai 69,14% sedangkan hasil belajar siswa mencapai 60%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 100%, observasi aktivitas siswa mencapai 88,84% sedangkan hasil belajar siswa mencapai 100%.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa sudah mampu meningkatkan hasil belajar.
Dengan demikian bahwa Hipotesis Penelitian "Jika dalam pembelajaran bangun ruang kubus dan balok menggunakan model pembalajaran picture and picture, maka hasil belajar siswa tunarungu anak meningkat", diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Siswa Tunarungu, Model Pembelajaran Picture and picture
Download berkas