SKRIPSI

Penulis / NIM
JEIN LATAMA / 411411053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan keruangan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle dengan kemampuan keruangan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tapa pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2014/2015 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah Kemampuan keruangan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan keruangan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengukuran kemampuan keruangan dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan keruangan berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan keruangan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan keruangan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Learning Cycle, Kemampuan Keruangan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011