Penulis / NIM
SRIRAHAYU J. YAHYA / 411411058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
Srirahayu J Yahya. 2016. NIM 4114110158. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalu Model Pembelajaran Inquiry pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII (Suatu Penelitian terhadap Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 3 Gorontalo). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Prof. Dr. Sarson W.Dj. Pomalato, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. Majid M.Pd Selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi kubus dan balok dengan melalui model pembelajaran inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Gorontalo T.P 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika, lembar pengamatann guru, lembar pengamatan kegiatan siswa.
Berdasarkan penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi kubus dan balok kelas VIIID SMP 3 Gorontalo. Dengan hasil tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus 1 dari 28 siswa hanya 2 orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan yaitu 7,1% sehingga dilanjutkan dan diperbaiki pada siklus 2 dari 28 siswa terdapat 22 siswa yang telah mencapai standar ketuntasan atau mencapai 78,6% yang telah mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 75. Dengan demikian indicator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dan Model Pembelajaran Inquiry.
Download berkas