SKRIPSI

Penulis / NIM
YEYEN KATILI / 411411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK Yeyen Katili, NIM 411 411 060 , 2016. Skripsi, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Segitiga Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Team Games Tournament. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Novianita Achmad S,Si. M,Si Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatife tipe team games tournament khususnya Materi Bangun Datar Segitiga dikelas VIIa SMP Negeri 1 Popayato. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru. Hipotesis tindakan adalah Jika menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe Team Games Tournament maka hasil belajar siswa pada materi Bangun Datar Segitiga di kelas VIIa SMP Negeri 1 Popayato akan meningkat. Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 31 orang siswa kelas VIIa SMP Negeri 1 Popayato tahun ajaran 2016-2017. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 65% jumlah siswa mendapat skor minimal 70. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 31 orang siswa ada 10 orang siswa atau 32,35 % memperoleh skor minimal 70, sedangkan 20 orang siswa atau 67,65 % memperoleh skor kurang dari 75. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan dari 29 orang siswa ada 22 orang siswa atau 77,66 % memperoleh skor minimal 75, sedangkan 7 orang siswa atau 22,34 % memperoleh skor kurang dari 75. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun datar segitiga akan meningkat jika menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Kata Kunci : Hasil Belajar , Team Games Tournament, Bangun Datar Segitiga.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011