Penulis / NIM
MOHAMMAD TEZAR / 411411063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
MOHAMMAD TESAR, NIM: 411 411 063, "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Kubus Dan Balok (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 1 Bokat)".
Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dra. Lailany Yahya, M.Si (2) Drs. Majid, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIb SMP Negeri 1 Bokat pada materi Kubus Dan Balok. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIb dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 6 kali pertemuan dengan menggunakan Model pembelajaran Kontekstual. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada akhir pembelajaran siklus I, kriteria penilaian pada hasil pengamatan kegiatan guru diperoleh kriteria penilaian seluruh aspek mencapai 75%. Hasil pengamatan kegiatan siswa diperoleh criteria penilaian seluruh aspek mencapai 76,14 %. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 72 % atau 18 siswa mencapai kriteria ketuntatasan minimal atau memperoleh nilai â 70,00 dan 28 % atau 7 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai < 70,00. Dengan demkian disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan. Hasil pengamatan kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus II, kriteria penilaian pada hasil pengamatan kegiatan guru diperoleh kriteria penilaian seluruh aspek mencapai 89,7%. Hasil pengamatan kegiatan siswa diperoleh kriteria penilaian seluruh aspek mencapai 87,50%. Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh 88% atau 22 siswa mencapai kriteria ketuntatasan minimal atau memperoleh nilai â 70,00 dan 12 % atau 3 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai < 70,00. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa "Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIb pada materi Kubus Dan Balok".
Kata kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar.
Download berkas