Penulis / NIM
RAVLY RAMADHAN PILOHIMA / 411411068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL-1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo Tahun Akademik 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PPL-1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo Tahun Akademik 2014/2015 yang berjumlah 18 mahasiswa. Untuk mendapatkan informasi tentang keterampilan dasar mengajar mahasiswa dengan melakukan penilaian berdasarkan video saat mahasiswa melaksanakan ujian PPL-1. Untuk mengukur keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL, digunakan delapan indikator keterampilan dasar mengajar sebagai instrumen penelitian yaitu : (1) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, (2) Keterampilan bertanya, (3) keterampilan menjelaskan, (4) Keterampilan mengadakan variasi, (5) Keterampilan memberi penguatan, (6) Keterampilan memimpin diskusi kecil, (7) keterampilan mengelola kelas dan (8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa program studi Pendidikan Matematika pada pelaksanaan PPL-1 Tahun Akademik 2014/2015 berada pada persentase penguasaan 65,69 %. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan keterampilan dasar mengajar Mahasiswa PPL-1 Program Studi Pendidikan Matematika semester VI Universitas Negeri Gorontalo Tahun Akademik 2014/2015 cenderung cukup.
Download berkas