Penulis / NIM
TRIYAWAN KOLOPITA / 411411069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji struktur dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional. Adapun soal-soal Ujian Nasional yang digunakan adalah soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs tahun 2013/2014 serta peserta didik yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMP Negeri 1 Suwawa. Kajian dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja Lithner, dimana soal diklasifikasikan kedalam dua jenis yaitu Imitative Reasoning dan Creative Reasoning. Sedangkan metode analisisnya didasarkan pada hasil jawaban siswa yang diadaptasi dari buku teks pegangan siswa dari 5 penerbit yang digunakan selama proses pembelajaran disekolah. Analisis dilakukan dengan cara mengklasifikasi soal dan menyortir solusi soal tersebut kepada dua tipe soal.
Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 40 soal Ujian Nasional SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 dengan partisipan sebanyak 94 siswa, terdapat sebanyak 37 soal termasuk dalam tipe Imitative Reasoning dengan persentase 92,5 % dan terdapat sebanyak 3 soal termasuk dalam tipe Creative Reasoning dengan persentase 7,5 %. Adapun Rata-rata persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional tersebut sebesar 29,67 %. Dengan demikian, soal UN Matematika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori mudah karena masih didominasi soal yang akrab dengan siswa namun masih sedikit siswa yang mampu menyelesaikan soal UN tersebut. Berdasarkan hasil tersebut maka strategi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal UN adalah strategi Drill.
Kata Kunci : Kerangka Kerja Lithner, Ujian Nasional, Imitative Reasoning, Creative Reasoning
Download berkas