Penulis / NIM
ROLIS H. ASI / 411411073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Rolis H Asi, 2015. Analisis Proses Pembelajaran Matematika di Brilliant Brain Kota Gorontalo (Suatu Penelitian Studi Kasus di Brilliant Brain Kota Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikana Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing:
(1) Dra. Kartin Usman, M.Pd, (2) Hj. Novianita Achmad, S.Si, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang proses pembelajaran di Brilliant Brain Kota Gorontalo. Siswa yang belajar di Brilliant Brain sering muncul dimedia sosial dengan nilai matematika yang memuaskan. Bertolak dari kenyataan inilah maka penelitian ini dilaksanakan dengan upaya untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika di Brilliant Brain. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif. Dengan subjek penelitian adalah siswa dan siswi yang terdaftar di Brilliant Brain tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah 22 orang yang terdiri dari kelas VI yang berjumlah 3 orang, kelas VII yang berjumlah 3, kelas VIII yang berjumlah 2, kelas IX yang berjumlah 14 orang. Uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen pada penelitian ini dilakukan oleh validator ahli dan Alpha Crobach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika di Brilliant Brain menyebabkan antusias dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik coaching. Hal ini ditandai dengan respon angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan ketekunan dalam belajar dengan persentase 80.1%, persentase penghargaan dalam belajar (hadiah) sebesar 79.5%, presentase ketertarikan pada pembelajaran sebesar 78.2%, persentase berprestasi dalam belajar sebesar 87.7%, dan besarnya lingkungan yang kondusif dalam belajar dengan persentase 73.6 %.
Kata Kunci : coaching, motivasi
Download berkas