Penulis / NIM
AHMAD / 411411076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Ahmad. Nim 411411076. Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (suatu penelitian yang dilaksanakan di smp negeri 8 gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2018.
Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd, (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII5 di Smp Negeri 8 Gorontalo tahun ajaran 2017/2018. Siswa yang diberikan tindakan kelas berjumlah 27 orang, dimana laki-laki 11 orang dan perempuan 16 yang rata-rata memiliki kemampuan yang bervariasi, mulai dari siswa yang berkemampuan rendah, sedang, hingga yang berkemampuan tinggi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan siklus 1, hasil observasi kegiatan guru mencapai 81,08%, observasi aktifitas siswa mencapai 78,43%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 84,03%.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa sudah mampu meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian bahwa hipotesis penelitian ..."jika dalam pembelajaran kubus dan balok menggunakan model pembelajaran think pair share, maka hasil belajar siswa meningkat, diterima.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Pair Share, Materi Kubus dan Balok
Download berkas