Penulis / NIM
RUSNI JULIAWAN SAID / 411411077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
ABSTRAK
Rusni Juliawan Said, 411411077. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok. (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional pada materi kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tapa pada semester kedua pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas dipilih sebagai kelas eksperimen yang di ajarkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional
Hipotesis penelitian adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional pada materi kubus dan balok. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes essay.instrumen ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional pada materi kubus dan balok.
Kata kunci: Pendekatan Konstruktivisme, Kubus dan Balok, Hasil Belajar.
Download berkas