Penulis / NIM
ABDUL KHAIR / 411411080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kemampuan pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural siswa kelas VIII SMPN 1 Suwawa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dengan subjek penelitian adalah siswa dan siswi kelas VIII B, dengan jumlah 15 orang. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil tes pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural yang didukung hasil tes wawancara siswa yang kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Adapun indikator pemahaman konseptual yang digunakan yaitu, 1) Mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, 2) Menyebutkan unsur-unsur yang digunakan untuk mewakili konsep, 3) Memberikan contoh dan noncontoh, 4) Memanipulasi ide tentang pemahaman konsep dengan menggunakan berbagai representasi konsep dan prinsip. Indikator pengetahuan prosedural yaitu, 1) Menerapkan prosedur yang sesuai dengan benar, 2) Mengkomunikasikan proses algoritma ke dalam situasi masalah, 3) Memodifikasi prosedur-prosedur untuk menangani faktor-faktor dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan 3 orang siswa masuk dalam kategori pemahaman konseptual sedang dan 12 orang sisanya masih dalam kategori rendah. Kemudian tingkat pengetahuan prosedural, 4 orang siswa masuk dalam kategori sedang dan 11 orang lainnya masih dalam kategori rendah. Secara keseluruhan dapat disimpulkkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural subjek penelitian masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata perolehan skor hasil tes siswa, yaitu 29,76% untuk tes Pemahaman konseptual dan 36,30% untuk tes pengetahuan prosedural.
Kata Kunci : pemahaman, pengetahuan, konseptual, prosedural
Download berkas