Penulis / NIM
WAHYU SETYA NAFIRI KASIM / 411411085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Abstrak
ABSTRAK
Wahyu Setya Nafiri Kasim. Nim 411411085. Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 8 Gorontalo (Suatu Penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Gorontalo tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang, dimana laki-laki 18 orang dan perempuan 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian tes dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Gorontalo memiliki keragaman gaya belajar, dengan gaya belajar visual 33%, gaya belajar auditorial 36% dan gaya belajar kinestetik 31%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Gorontalo yang paling menonjol adalah gaya belajar auditorial.
Kata Kunci : Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
ABSTRACT
Kasim, Wahyu Setya Nafiri. Student ID. 411 411 085. Analysis of Students Learning Style in Mathematics Subject (A Study conducted at Grade VIII, Junior High School SMP Negeri 8 Gorontalo). Undergraduate Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. 2018.
This descriptive research aims to explore learning styles of grade VIII students in mathematics subject; the students are in the academic year of 2017/2018. This research was conducted at SMP Negeri 8 Gorontalo and involved 40 students consisting of 18 males and 22 females as the subject. Furthermore, methods, i.e., giving tests and interview were used to generate the data.
The results reveal various learning styles of the students in the research site. Those styles, along with its percentage, are visual 33%, auditory 36%, and kinesthetic 31%. This confirms that the auditory style dominates the learning style of grade VIII students in SMP Negeri 8 Gorontalo.
Keywords: Students Learning Styles in Mathematics Subject
Download berkas