Penulis / NIM
SYAMSUL MUH. RODLI / 411411092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Syamsul Muh. Rodli , 2015. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Franky A. Oroh, M.Si, (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd
Kemampuan komunikasi matematika adalah suatu ketrampilan penting dalam matematika yaitu kemampuan untuk mengekspresikan ide - ide matematika secara koheren kepada teman, guru dan lainnya melalui bahasa lisan dan tulisan. Melalui kemampuan komunikasi matematika siswa dapat mengembangkan pemahaman matematika bila menggunakan bahasa matematika yang benar untuk menulis tentang matematika, mengklarifikasi ide - ide dan belajar membuat argumen serta merepresentasikan ide - ide matematika secara lisan, gambar dan simbol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis atau menggambarkan kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Negeri 6 Kota Gorontalo pada materi kubus dan balok. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah kemampuan mengubah ide - ide matematika melalui lisan, tertulis dan menggambarkannya secara visual, mengevaluasi ide - ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya dan menyelesaikan ide matematika. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan komunikasi matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII"8 SMP Negeri 6 Kota Gorontalo yang telah selesai menyelesaikan materi kubus dan balok pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Negeri 6 Kota Gorontalo pada materi kubus dan balok tergolong sedang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kecermatan dan pemahaman soal, mengerjakan soal yang tidak bervariasi dan lemahnya penguasaan materi pada konsep materi lain, serta motivasi dalam kemampuan komunikasi matematika.
Download berkas