SKRIPSI

Penulis / NIM
ULFA S. ATIMA / 411411093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK Ulfa S. Atima. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching (RT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj Evi Hulukati M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yus Iryanto Abas M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 56 orang yang tersebar pada dua kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa yang dipilih dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan tes. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data melalui uji t tes diperoleh nilai thitung lebih tinggi dari nilai ttabel (thitung < ttabel = 2,08 > 1,68). Model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika, keduanya memberikan dampak positif yang berbeda signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Anggrek. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Reciprocal Teaching (RT) Pemahaman Konsep, Matematika
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011