Penulis / NIM
NUR FATMAWATY TANGIO / 411411094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 5 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 siswa. Untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah siswa dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang dapat dikelompokkan menjadi 2 orang kelompok tinggi, 2 orang kelompok sedang, dan 2 orang kelompok rendah berdasarkan skor yan diperoleh. Dengan mengacu pada pedoman wawancara dan hasil pekerjaan subjek, keenam subjek tersebut diwawancara untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, digunakan empat indikator sebagai instrument penelitian yaitu : (1) Memahami masalah, (2) Merencanakan penyelesaian masalah, (3) Menyelesaikan masalah, (4) Memeriksa kembali hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa pada materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat dikategorikan dalam 3 kategori yaitu kategori tinggi sebesar 15%, kategori sedang 60%, kategori rendah 25%, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat cenderung sedang.
Download berkas