Penulis / NIM
NURFITRIA BAID / 411411096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
Nurfitria Baid. NIM: 411411096. Perbandingan berhitung perkalian menggunakan Metode Sempoa dengan Metode berhitung susun. ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas III di Al-Irsyad Al-Islamiyyah dan MI Al-Huda Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs Yamin Ismail M.Pd dan Pembimbing II Drs Majid M.Pd. 2015
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan berhitung perkalian menggunakan Metode Sempoa dengan berhitung susun yang diukur dari ketepatan dan kecepatan untuk memperoleh hasil belajar siswa dalam materi ini dengan menggunakan instrument test.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas III MI Al-Huda Kota Gorontalo dan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Gorontalo TP. 2014-2015. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik kluster random sampling atau pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Pada kluster yang ada sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas IIIB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Gorontalo sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas IIIA MI Al-Huda Kota Gorontalo sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan desain tipe Posttest Only Control Group Design. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode sempoa lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode berhitung susun pada materi perkalian.
Langkah awal yang dilakukan dalam menguji hipotesis adalah melakukan pengujian normalitas data. Pengujian normalitas data menggunakan uji liliefors dengan taraf signifikan = 0.05 dan dk= k-1. Hasil pengujian ditemukan bahwa Lhitung < Ldaftar yang berarti data berdistribusi normal.
Setelah didapat data berdistribusi normal maka langkah selanjutnya pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0.05 dan dk= n1 + n2 -2. Dari perhitungan ditemukan bahwa thitung > ttabel yang berarti hipotesis penelitian "rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode sempoa lebit tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode bersusun pada materi perkalian". Dengan demikian penerapat motode perkalian sempoa lebih baik dibandingkan metode perkalian susun untuk melatih konsentrasi berfikir dengan tepat dan cepat.
Kata kunci : metode pembelajaran, kecepatan dan ketepatan , hasil belajar siswa
Download berkas