Penulis / NIM
ALAN RUMAMPUK / 411411099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan untuk menerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. khususnya Materi Segitiga di SMP Negeri 1 Limboto Barat. Hasil nilai siswa kelas VII-3 paling rendah 46.5. sedangkan di kelas VII-4 nilai paling randah 58.3 ini berarti masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) seperti yang ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan yaitu 75. Oleh sebab itu penelitian ini perlu dilaksanakan.
Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-4 SMP Negeri 1 Limboto Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa kelas VII-2 dan 23 siswa kelas VII-4. Dimana dikelas VII-2 adalah Kelas yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional sedangkan kelas VII-4 Kelas yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran NHT. Untuk mendapatkan informasi tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa diberikan tes diakhir pembelajaran baik pada kelas eksperiman maupun kelas kontrol.
Hasil penelitian menujukkan Skor hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT diperoleh dari jawaban 23 siswa. Pada kelas eksperimen skor hasil belajar tertinggi adalah 100 dan terendah 33. Sedangkan Skor hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Langsung diperoleh dari jawaban 23 siswa. Pada kelas kontrol skor hasil belajar tertinggi adalah 84 dan terendah 29. Dari hasil penelitian yang diperoleh adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Materi Segitiga
Download berkas