Penulis / NIM
ANDRIANTO R. LIHAWA / 411411107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan pecahan di kelas IV SDN No. 27 Dungingi. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SDN No. 27 Dungingi pada semester genap untuk tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN No 27 |Dungingi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk objektif. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar ,matematika pada kelas eksperimen dan kelas pembanding yaitu nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 78,41 dan kelas pembanding ((X_2 ) ...) = 70,50. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 43 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 2,10 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 2,01, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas pembanding menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci : Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar matematika, dan Bilangan pecahan
Download berkas