SKRIPSI

Penulis / NIM
MARIANA / 411411115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang struktur-struktur dari sistem-sistem yang mencakup pola hubungan maupun bentuk, yang berkenaan dengan ide-ide, struktur-struktur dan hubungan-hubungan yang diatur secara logis.Model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa sangat diperlukan, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFAE). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran matematika materi operasi himpunan di MTs Wahdah Islamiyah, dengan jumlah siswa 13 orang. Penelitian ini mengacu pada model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrument tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan (1) ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 38,46% dengan nilai rata-rata 62,31 dan pada siklus II sebesar 76,92% dengan nilai rata-rata76,38.(2) Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 59,40% dan pada siklus II 91,66%. (3) Skor aktivitas guru pada siklus I sebesar 52,94% dan pada siklus II sebesar 76,47%. Dari data tersebut di atas jelas menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011