Penulis / NIM
SANLI S. RAJAK / 411411116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Sanli Rajak, NIM. 411411116. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2014 .Pembimbing I Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd. Pembimbing II Dra. Lailany Yahya, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, pada sub pokok materi kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tehnik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII1 yang diajarkan menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), dan kelas VIII2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar matematika berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (independen t-test ). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunkan model pembelajaran inkuiri lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen (X ..._1 )=81,587 dan kelas kontrol (X ..._2 )=74,7222 dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), dan Bangun Ruang Sisi Datar
Download berkas