SKRIPSI

Penulis / NIM
MARZENO / 411411117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK Marzeno. 411411117. Pengaruh Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. (Suatu Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo). Skripsi, Jurusan Matematika Program Study Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2015. Pembimbing: (1) Dra. Lailany Yahya, M.si, (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan yang dibelajarkan menggunakan media PowerPoint. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Kota Gorontalo pada semester Genap tahun ajaran 2014/2015 yang tersebar dalam sepuluh kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara memilih langsung kelas yang akan dijadikan sampel. Pada penelitian ini dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas ekperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 31 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, berupa tes esay sebanyak 5 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes kedua kelompok kelas tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statsitik menggunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan yaitu 0,05. Hasil pengujian diperoleh untuk kelas eksperimen L0 = 0,075 < Ltabel=0,16 dan untuk kelas kontrol L0=0,085 < Ltabel=0,16, artinya data skor hasil belajar matematika siswa berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua sampel bebas (independent t-test) yang menunjukan bahwa thitung=2,51 > ttabel=1,67, artinya hipotesis terbukti yakni hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media PowerPoint. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis komputer, Media PowerPoint, Hasil Belajar Matematika Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011