Penulis / NIM
MAR`ATUL JANNAH / 411411120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Mar'atul jannah. NIM 411411120. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sub Materi Bilangan Bulat (Suatu Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think-Pair Share (TPS) dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIIA hingga kelas VIIE. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang terpilih dikelompokkan dalam dua jenis pembelajaran yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair Share (TPS) dan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Pengukuran hasil belajar matematika siswa pada sub materi bilangan bulat menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes objektif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistika parametrik uji t diperoleh hasil thitung sebesar 2,84 dan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata = 0,05 maka thitung > ttabel, dengan perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think-Pair Share 63,29 dan model pembelajaran langsung 53,75. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunkan model pembelajaran Think-Pair Share lebih baik atau lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Think-Pair Share, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar.
Download berkas