SKRIPSI

Penulis / NIM
RIZKIA DJAFAR / 411411122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK Rizkia Djafar, Nim. 411411122. "Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada materi Kubus Dan Balok. (Suatu Penelitian di SMP Negeri 3 Gorontalo)". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing: (1) Prof.Dr. Sarson W,Dj. Pomalato, (2) Drs. Majid M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, pada pokok bahasan kubus dan balok . peneliti eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 3 Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2015/2016, dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik cluster random sampling. Sampel yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual adalah kelas VIIIC dan sampel yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah kelas VIIID. pengukuran pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pemecahan masalah berbentuk essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji statistic para metrrik dengan statistic uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual unggul dalam mengajarkan materi kubus dan balok. Kata kunci: Model pembelajaran kontektual (CTL), Model pembelajarn langsung, Kubus dan balok, Kemampuan pemecahan masalah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011