Penulis / NIM
ADITYA LANJAHI / 411411124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
Aditya Lanjahi, 2015. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Sub Materi Volume Prisma Tegak dan Limas (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.. Pembimbing: (1) Prof. Dr Hj. Evi Hulukati, M.Pd, (2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi volume prisma tegak dan limas.
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di kelas VIII SMP N 3 Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang tersebar di 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, kelas VIII E menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diterapkan menggunakan model Quantum learning dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diterapkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Pengukuran kemampuan komunikasi matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematika berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen.Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung> t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum learning lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada sub materi volume prisma tegak dan limas.
Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Volume Prisma Tegak dan Limas
Download berkas