SKRIPSI

Penulis / NIM
DWI CAHYANI / 411411125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi letak ,jenis, dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi program linear. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Batudaa tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Batudaa yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes uraian essay sebanyak 7 nomor. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal tes, dapat di identifikasi untuk mendapatkan dan menemukan letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal. Wawancara dilakukan agar peneliti lebih mengetahui dan memahami jenis serta penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan siswa yaitu kesalahan dalam memahami masalah program linear (80,29%), kesalahan dalam mengubah masalah program linear yang berbentuk soal cerita matematika ke dalam model matematika (62,694%), kesalahan dalam menggambar daerah layak dari masalah program linear (62,694%), kesalahan dalam menentukan koordinat titik sudut daerah layak dari masalah program linear (63,572%), kesalahan dalam mencari nilai optimum dari fungsi tujuan (65,49%), dan kesalahan dalam menentukan jawaban akhir dari masalah program linear (69,84%.). Jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep dan kesalahan prinsip. Faktor penyebab kesalahan yaitu siswa menganggap tidak perlu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, siswa kurang memahami konsep variabel keputusan, siswa kurang memahami implikasi pernyataan-pernyataan dalam soal cerita matematika yang memenuhi syarat-syarat tertentu, sehingga salah dalam menotasikannya kedalam bahasa matematis, siswa masih kurang memahami konsep dalam menentukan daerah layak dari masalah program linear. dan siswa kurang memahami soal serta tidak membaca soal dengan teliti. Kata kunci : Kesalahan, Soal Cerita
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011