Penulis / NIM
KASMA LABUGA / 411411126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 7 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada tahun akademik 2014/2015. Untuk menjaring informasi yang lebih mendalam tentang proses berpikir siswa dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang dapat dikelompokkan menjadi 2 orang kelompok tinggi, 2 orang kelompok sedang, dan 2 orang kelompok rendah berdasarkan skor yan diperoleh. Dengan mengacu pada pedoman wawancara dan hasil pekerjaan subjek, keenam subjek tersebut diinterviu untuk menjaring informasi yang mendalam tentang proses berpikir. Untuk melihat proses berpikir, digunakan empat indikator sebagai instrumen penelitian yaitu : (1) Mampu menuliskan apa yang diketahui, (2) Mampu menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, (3) Menggunakan konsep yang sudah dipelajari, (4) Mampu menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang sudah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita khususnya materi kubus dan balok masih tergolong sedang, karena dari keempat indikator siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator proses berpikir. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep-konsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal serta kurangnya ketelitian siswa dalam menganalisis soal yang diberikan.
Kata kunci : Proses Berpikir; Soal Cerita; Kubus Dan balok.
Download berkas