Penulis / NIM
YATSIN A. GANI / 411411133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Penalaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limboto melalui model pembelajaran Kontekstual pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 6. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan penalaran. Instrmen berupa soal tes dan lembar pengamatan.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran Kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual. Dapat meningkatkan kemampuan penalaran. Pada siklus I diperoleh persentase kemampuan mengajukan dugaan adalah 82.2% dengan kualifikasi tinggi, persentase kemampuan manipulasi matematika adalah 62.1% dengan kualifikasi rendah, persentase kemampuan menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap suatu solusi adalah 61.9% dengan kualifikasi rendah, dan persentase kemampuan menarik kesimpulan adalah 53.1% dengan kualifikasi sangat rendah. Jadi, kemampuan penalaran siswa kelas VIII 6 adalah 65.06 % dengan kualifikasi sedang. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase kemampuan mengajukan dugaan adalah 85.5% dengan kualifikasi tinggi, persentase kemampuan manipulasi matematika adalah 80.2% dengan kualifikasi tinggi, persentase kemampuan menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap suatu solusi adalah 70.8% dengan kualifikasi sedang, dan persentase kemampuan menarik kesimpulan adalah 79.6% dengan kualifikasi tinggi. Sehingga, kemampuan penalaran siswa kelas VIII 6 meningkat menjadi 79.1% dengan kualifikasi tinggi.
Kata Kunci : Kemampuan Penalaran , Kontekstual
Download berkas