Penulis / NIM
SYAFRUDIN KAMA / 411411135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Syafrudin Kama 2015. "Deskripsi Kemampuan Analisis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Program Linear ". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Prof. Dr. Sarson W. Dj Pomalato, M.Pd, (2) Dra. Lailany, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kemampuan analisis siswa dalam menmyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX pada tahun akademik 2014/2015. Untuk menjaring informasi yang lebih mendalam tentang kemampuan analsis siswa dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang dapat dikelompokkan menjadi 2 orang kelompok tinggi, 2 orang kelompok sedang, dan 2 orang kelompok rendah berdasarkan skor yang diperoleh. Dengan mengacu pada pedoman wawancara dan hasil pekerjaan subjek, keenam subjek tersebut diinterviu untuk menjaring informasi yang mendalam tentang kemampuan analisis. Untuk melihat kemampuan analisis, digunakan tiga indikator sebagai instrumen penelitian yaitu : (a) Kemampuan siswa dalam memahami masalah secara teliti, (b) Kemampuan siswa dalam merencanakan masalah, (c) Kemampuan siswa dalam menyelesaiakan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi program linear masih tergolong sedang, karena dari ketiga indikator siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator kemampuan analisis. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep-konsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal serta kurangnya ketelitian siswa dalam menganalisis soal yang diberikan.
Kata kunci : Kemampuan Analisis; Program Linear; Soal Pemecahan Masalah.
Download berkas