Penulis / NIM
RAMDHAN Y. HASIM / 411412001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
Ramdhan Y. Hasim, NIM. 411412001. "Pengaruh Teori Van Hiele terhadap Kecerdasan Visual Spasial Siswa". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teori Van Hiele terhadap kecerdasan visual spasial pada sub pokok bahasan Jarak antar Titik, Garis, dan Bidang dikelas X. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tibawa pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik simple random sampling. Pengukuran kecerdasan visual spasial dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kecerdasan visual spasial berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan Teori Van Hiele lebih baik dari pembelajaran menggunakan Teori Polya, ini dapat dilihat pada perbedaan kecerdasan visual spasial siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kecerdasan visual spasial pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 36,92 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 31,8. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 59 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 1,792 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,670, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kecerdasan visual spasial antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Teori Van Hiele terhadap kecerdasan visual spasial siswa.
Kata Kunci : Teori Van Hiele, Kecerdasan Visual Spasial.
Download berkas