Penulis / NIM
CLARA RAHMAN / 411412003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstrak
Clara Rahman. NIM 411412003. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Persamaan Kuadrat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2019.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W. Dj.Pomalato, M.Pd, (2) Dr. Ali Kaku, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran peserta didik pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMP N 3 Dumoga. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMP N 3 Dumoga sebanyak 30 peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang melibatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi persamaan kuadrat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 3 Dumoga. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dimana populasi melebihi 100 orang sehingga diambil sampel 20%-25% atau sejumlah 30 orang. Pengukuran kemampuan penalaran siswa pada materi persamaan kuadrat menggunakan instrument tes berbentuk soal uraian. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis berbentuk uraian dan teknik komunikasi langsung berupa wawancara. Kemampuan penalaran siswa di ukur berdasarkan 4 indikator (1) mengajukan dugaan/ide, dengan tingkat persentase 78.16%. (2) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi, dengan tingkat persentase 81.83%. (3) melakukan manipulasi, dengan tingkat persentase 66.66% dan (4) menarik kesimpulan, dengan tingkat persentase 62.33%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator kemampuan penalaran matematika siswa yang terpenuhi adalah indikator kemampuan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis. Persamaan Kuadrat
Download berkas