SKRIPSI

Penulis / NIM
VINDA NUGRAHWATI MAMONTO / 411412008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK Vinda Nugrahwati Mamonto, NIM. 411412008. "Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Drs. Majid, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model project based learning dan siswa yang diajar dengan model cooperative learning pada sub pokok bahasan ukuran pemusatan. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Negeri 4 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 4 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan komunikasi matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikai berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model project based learning lebih baik dari model cooperative learning, yang ditunjukkan oleh adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 57,9 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 50,71. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 32 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 1,819 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,696, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Project Based Learning, Ukuran Pemusatan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011