Penulis / NIM
VINDA NUGRAHWATI MAMONTO / 411412008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Vinda Nugrahwati Mamonto, NIM. 411412008. "Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan".
Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Drs. Majid, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model project based learning dan siswa yang diajar dengan model cooperative learning pada sub pokok bahasan ukuran pemusatan. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Negeri 4 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 4 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan komunikasi matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikai berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model project based learning lebih baik dari model cooperative learning, yang ditunjukkan oleh adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 57,9 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 50,71. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 32 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 1,819 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,696, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Project Based Learning, Ukuran Pemusatan.
Download berkas