SKRIPSI

Penulis / NIM
AL WAHIID / 411412012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK Al Wahiid, NIM. 411412012. "Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tibawa pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Tibawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan berpikir kreatif matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dari pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matemaika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 29,28 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 24,43. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 53 menunjukkan thitung> ttabel. Diperoleh thitung = 2,91 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6735, thitung sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Kata Kunci : Integral Tentu, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika, Pendekatan Saintifik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011