Penulis / NIM
LUKMAN SAID / 411412014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
Lukman Said, NIM. 411412014. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tibawa pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIPA SMA Negeri 1 Tibawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 85,50 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 76,04. Dari uji statistik yaitu uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar.
Kata Kunci : Kooperatif, Hasil Belajar, Model Pembelajaran TAI
Download berkas