SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI HARDIANTI LABABA / 411412019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK Siti H. Lababa, NIM. 411412019. "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada sub pokok bahasan Garis dan Sudut. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 38,47 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 26,48. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 57 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 2,4887 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1.6715, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, dan Garis dan Sudut.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011